VIDEO:Penjuru Dunia Saksikan Transit Venus

 
VIVAnews - Peristiwa astronomi langka terjadi pada Rabu, 6 Juni 2012 kemarin. Saat itu planet Venus melintasi orbitnya, tepat di antara Bumi dan matahari. 

Peristiwa lintas Venus di antara Matahari dan Bumi ini dinamakan Transit Venus. Ini merupakan peristiwa langka, sebab hanya terjadi tiap kurun waktu 105 tahun.

Tak hanya menarik bagi ahli astronomi, Transit Venus pun memikat perhatian seluruh warga dunia. Di Amerika Serikat, warga di Los Angeles beramai-ramai melihat Venus yang terlihat seperti titik hitam di tengah matahari.

Hal yang sama terjadi di Sydney, Australia. Tapi di Australia terasa istimewa, sebab di tahun 1769 Kapten James Cook tiba di Australia, dan mengamati Transit Venus yang sama. Di ekspedisi itulah James Cook menemukan pantai Timur Australia.

Sayangnya keindahan Venus gagal disaksikan warga Jepang. Hujan dan mendung menghalangi warga negara Matahari Terbit ini menyaksikan gemulai gerak Venus melintasi Matahari.

Seperti apa keramaian warga dunia mengamati planet yang namanya diambil dari Dewi Kecantikan bangsa Yunani Kuno ini? Anda bisa melihatnya dalam video disini

0 Response to "VIDEO:Penjuru Dunia Saksikan Transit Venus"

Post a Comment