5 Hal Bijak yang Patut Kita Lakukan Saat Terjadi Teror Bom

Kadang kita kurang bijak dalam menyikapi kejadian teror bom, seperti yang terjadi di Jakarta pada hari ini Kamis, 14/01/2015. Banyak isu-isu yang berkembang liar di masyarkat yang menyebabkan keresahan dan ketakutan. Justru itulah yang di inginkan pihak teroris, yaitu menciptakan ketakutan atau histeria masa yang berlebihan. Berikut 5 sikap bijak yang harus dilakukan saat dalam kondisi teror bom seperti yang terjadi hari ini.

1. Hubungi sanak saudara, sahabat dan kerabat.
Ketika di suatu daerah atau tempat terjadi serangan teror seperti bom dan lain-lain, segerah hubungi sanak saudara, sahabat dan kerabat. Pastikan keadaan mereka baik-baik aja, dan peringatkan mereka untuk terus berada di tempat yang aman. Jika tidak ada yang penting di hari itu, ingatkan mereka untuk tetap berada di rumah.


2. Jangan terpancing untuk ikut menyebarkan berita-berita yang tidak jelas.
Dimasa seperti sekarang ini ketika sosil media jadi tren, ketika ada serangan teror seperti di thamrin hari ini, banyak yang langsung meyebarkan link-link berita yang belum tentu kejelasanya. Padahal hal itu hanya menyebabkan kegaduhan di dunia maya yang bisa menyebabkan keresahan dan ketakutan. Kita juga harus menghindari komentar-komentar tuduhan, dan hindarilah berburuk sangka.


3. Jangan meyebarkan foto-foto mengerikan korban teror bom
Seperti yang terjadi hari ini, di group-group dan media sosial yang saya ikuti, banyak kawan-kawan yang menurut saya kurang bijak dalam menyebarkan foto-foto korban teror bom. Untuk mengurangi kengerian dan menghormati keluarga korban, alangkah bijaknya foto-foto ngeri korban bom tersebut tidak kita sebar-sebar seenaknya.

4. Jangan menyebarkan isu-isu panas
Setelah terjadinya bom di tamrin hari ini, banyak isu-isu yang berkembang di lini masa. Sangat disayangkan karna hal tersebut justru akan memncing fitnah, dan memancing pertengkaran diantara kita warga Indonesia. Isu yang kurnag bijak seperti dikait-kaitkan dengan perpolitikan juga sebenarnya kurang elegan dna kurang bijak menurut saya.


5. Berdoa
Sikap yang sangat bijak dalam hal seperti ini adalah berdo, ya kita sebaiknya berdoa untuk korban. Berdoa agar pelakunya tertangkap, berdoa juga untuk keselamatan kita semua warga negara Indonesia.


0 Response to "5 Hal Bijak yang Patut Kita Lakukan Saat Terjadi Teror Bom"

Post a Comment