Antara Cinta dan Persahabatan


Hari ini adalah hari pertama Ari masuk kuliah. Ari adalah salah satu anak yang begitu semangat mengawali hari pertamanya kuliah. Bersama Sabay teman satu kosannya Ari duduk di kursi kedua dari belakang.
“Bay lo liat tuh anak cewek yang duduk dikursi paling depan, disamping cewek yang pake kacamata ” Ari menunjuk seorang cewek yang duduk dikursi paling depan.
“yang pake kerudung hitam maksudmu Ri?” tanya Sabay
“yaps.... betul!”
“kenapa emang?” Sabay bertanya lagi
“cantik ya”
“yah elo mah baru masuk juga udah ngurusin cewek” Sabay memukul pipi Ari
“alah kaya elo gak tertarik aja sama tu cewek”
“emang iya sih manis” tutur Sabay sambil tersenyum
Diam-diam Sabay terus memperhatikan cewek berkerudung hitam yang menurut Ari cantik.
“Bay kira-kira namanya siapa ya?”
“mana gue tau Ri, masa nama dikira-kira....”
“Bay gue bisa kenalan gak yah sama tu cewek?” Ari bertanya lagi tanpa menghiraukan komentar Sabay
“Udah ahh ngurusin cewek terus , udah ada dosen tuh”
Ari dan Sabay saling terdiam, entah apa yang ada dalam benak mereka.
***
Hari kedua Ari dan Sabay kuliah. Hari itu mereka ada jadwal di Lab Komputer.
“Ri anak-anak cewek gak bareng ama kita prakteknya?” Sabay bertanya sambil melirik kiri kanan mencari anak-anak cewek.
“kenapa lo celingak-celinguk gitu?”
“yeh... kan gue tadi nanya, para bidadari cantik kelas kita ko gak pada bareng sama kita prakteknya”
“ iya yah, si cantik berkerudung hitam yang kemaren kita bicarakan juga gak ada”
Mereka berdua saling bertanya-tanya dalam hati, “kenapa anak cewek tidak bareng bersama mereka prakteknya”.
“hei Bay anak cewek kemarin yang kita omongin namanya kan Rindi, folder dia ada nih di komputer yang gue pake” tiba-tiba Ari bicara membuyarkan lamunan Sabay.
“bener lo?, yaudah lo simpen aja no HP lo di foldernya dia”
“ide bagus tuh Bay”
“udah jangan banyak cing-cong, cepetan lo simpen tuh no Hp. Sebentar lagi kita keluar”
“oke men” jawabku sambil tersenyum penuh kemenangan”
Setelah kejadian di Lab Ari terus menunggu dengan was-was telpon atau sms dari Rindi. Malam harinya bener juga ada sms masuk ke HP Ari.
“emh, maaf ini no siapa ya, ko ada di folder aku?” itulah isi sms yang ternyata dari Rindi
“Bay.... Sabay Rindi sms Bay” Ari teriak-teriak kegirangan
“Cuma dapet sms juga lo bangga amet!”
“ya iyalah, secara gitu sms dari bidadari kelas kita”
“ah ngehe lu, sini gue minta nomernya” Sabay mengambil HP Ari
“idih muna lo kaya yang gak mau, tau-taunya mau juga” Ari bergumam sambil memperlihatkan muka cemberutnya.
***
Pagi yang cerah, saat itu Ari dan Sabay tidak pergi kuliah karena libur. Tanpa Sepengetahuan Ari, Sabay menelpon Rindi dan mereka berkenalan dan berjanji untuk bertemu malam itu. Diam-diam Sabay menyukai Rindi walaupun dia tau kalau sahabatnya Ari juga suka sama Rindi. Ari tertinggal satu langkah lebih depan oleh Sabay. Ari hanya sekedar SMS’an sedangkan Sabay sudah bertemu dan makan malam bareng dengan Rindi.
Suatu hari Sabay lupa membawa HP’nya ke kampus. Sedangkan Ari hari itu tidak masuk karna kurang enak badan. Tiba-tiba ada suara HP berdering. Ari mencari sumber suara tersebut. Ternyata HP Sabay yang tertinggal didalam lemari.
“HP Sabay , kok gak dibawa. Mungkin dia lupa, sms dari siapa ya?” Ari bergumam sendiri dikamarnya
“say udah berangkat kuliah belum?” begitulah sms yang tertera di HP Sabay, yang ternyata adalah sms dari Rindi. Ari begitu terpukul. Dia tidak percaya kalau teman dekatnya sendiri menghianatinya.
Siang harinya Sabay pulang.
“Ri lo masih sakit?” Sabay bertanya
“udah agak mendingan, eh iya ada sms tuh dari Rindi sorry tadi gue baca”
“sms apa?” Sabay kaget
“nanyain lo udah berangkat kuliah apa belum”
“ O... gituh. Lo bales?” Sabay bertanya
“tidaklah, ngapain gue bales-bales SMS orang”
“maaf ya Ri gue gak cerita kalo gue udah jadian sama Rindi” Sabay sadar dengan SMS dari Rindi
“ gak apa-apa ko Bay, biasa aja kali. Ini kan kehidupan jalani aja”
“makasih ya Ri lo bae banget”
Ari begitu terpukul hatinya, namun dia mencoba untuk tabah. Dia tidak mau kalau persahabatannya harus hancur hanya karena seorang perempuan.
***
“Bay gimana hubungan lo sama Rindi lancar?” suatu hari Ari bertanya hubungan Sabay dengan Rindi
“ya begitulah Ri, gue makin cinta sama dia. Dia orangnya baik banget”
“iya Bay lo berhak bahagia dapetin cewek kaya Rindi, udah cantik baik lagi. Gue dukung selalu hubungan kalian. Jika ada masalah ngomong aja sama gue. Gue siap ko buat bantu”
Ari selau mencoba untuk tabah dalam menghadapi keadaan yang begitu pahit untuknya. Dari pertama Ari begitu menyukai Rindi namun siapa sangka Sabay yang awalnya tidak menghiraukan Rindi malah jadian dengannya.
Sabay setiap malam selalu curhat pada Ari tentang kemesran dia dengan Rindi. Kadang Ari suka menitikan air mata jika Sabay sedang curhat padanya. Namun Ari selalu bisa menyembunyikan kegalauan hatinya menghadapi keadaan seperti itu.
“makasih ya Ri lo selalu ngedukung hubungan gue sama Rindi”
“lo berdua pasangan yang serasi Bay” Ari menjawab dengan hati yang perih
“lo gak nyoba wat nyari kaya gue Ri?”
“Nyari, nyari apa maksud lo?” Ari bingung
“ ya nyari cewek lah masa nyari kuntilanak”
“heheheheh” keduanya tertawa
“sebenarnya gue suka sama seseorang tapi itu masih rahasia, dan gak akan ada yang tau” Ari menerangkan sambil tersenyum ke Sabay. Senyum yang penuh tanda tanya.
seperti itulah Ari yang selalu bisa menyembunyikan perasaannya. Begitupun Sabay yang tak pernah bisa membaca perangai sahabatnya yang penuh dengan tanda tanya.
***
Suatu hari Ari curhat sama teman sekelasnya Melati. Melati adalah wanita yang berkacamata yang saat pertama masuk kuliah duduk disampng Rindi. Melati adalah teman akrab Rindi.
“Mel lo tau gak?, gue tuh dari dulu suka banget sama Rindi”
“yang bener lu Ri?”
“bener Mel, tapi sayang Sabay juga suka sama Rindi sekarang mereka kan udah jadian”
“dari awal juga gue udah tau kalo lo suka sama Rindi, dulu kan yang gue tau cowok pertama dikmpus yang kenal ma Rindi tu lo. Tapi gue heran kenapa akhir-akhr ini lo jarang atau gak pernah SMS bahkan telpon Rindi, padahal Rindi nanyain elo terus tuh. Katanya lo orang pertama yang dia kenal di kampus”
“Itulah Mel kenapa gue gak pernah sms Rindi lagi, karena gue takut si Sabay cemburu atau berpikiran negatif sama gue. Semenjak gue tau dia suka sama Rindi gue mencoba untuk menjauh dari Rindi. Gue gak mau persahabatan gue dengan Sabay rusak hanya karan cewek. Walaupun gue harus ngorbanin perasaan gue”
Tanpa Ari sangka ternyata Melati cerita sama Rindi kalau dia mencintai Rindi. Namun karna Sabay suka sama Rindi Ari jadi gak mau berterus terang. Malam itu HP Ari bergetar, ternyata ada sms. Lalu Ari membaca sms yang ternyata dari Rindi.
“ ya Allah gue bangga kepadanya. Dia rela mengorbankan perasaannya hanya untuk menjaga persahabatannya. Ya Allah semoga dia mendapat bidadari cantik dan baik lebih dari diriu” itulah isi sms yang Ari baca dari Rindi. Namun Ari tak membalasnya.
Dua minggu kemudian setelah sms itu Ari ulangtahun. Malam itu jam dua belas Ari belum tidur, dia menunggu siapa orang pertama yang akan mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya. Jam dua belas malam, saat Ari menunggu ucapan selamat tiba-tiba ada sms masuk di hpnya.
“met ultah ya, moga kau mendapatkan orang yang lebih baik dariku” itulah isi smsnya yang ternyata dari Rindi. Aripun membalasnya.
“terimakasih Rin, ternyata kau orang yang memang gue tunggu-tunggu dari sore, orang pertama yang mengucapkan selamat ulang tahun kepada gue, sayang kini kau milik sahabatku”
“gue sangat bangga kepadamu Ri, ternyata masih ada orang yang lebih mementingkan sahabat daripada keinginannya sendiri” Rindi membalas lagi
“begitulah hidup Rin, harus ada pengorbanan. Kan ku pendam terus rasa ini untuk selamanya, semoga kau bahagia bersamanya, bersama Sabay sahabatku” itulah sms terakhir yang Rindi baca dari Ari dan sejak malam itu tak ada yang tau Ari pergi kemana.
Pagi harinya Sabay sudah tak mendapati Ari ditempat pembaringannya. Semua baju dan peralatan kuliah Ari sudah tidak ada. Sabay hanya mendapati sebuah surat yang terselip dibalik pintu.
Kota Hujan, 07 Januari 2010
Untuk Sahabat terbaikku
Sabay
di tempat
Sahabat, begtu banyak hari-hari yang pernah kita lalui bersama.
Banyak kenangan indah bersamamu.
Maafkan aku, malam ini aku pergi tanpa pamit.
Mungkin ini jalan terbaik bagiku untuk menjaga persahabatan kita dan menjaga kebahagiaan mu.
aku sudah menganggapmu Seperti adik kandungku sendiri, jadi apapun kebahagiaanu adalah kebahagiaanku juga.
Selamat tinggal, jangan pernah kau khianati perasaan kekasihmu Rindi.
Dia wanita yang baik. Jagalah dia seperti selama ini kita saling menjaga.
Jaga dirimu baik-baik. Oh iya jangan telat makan.
Saat kau baca surat ini,mungkin aku sudah berada jauh darimu, Jangan pernah mencariku.
Sahabatmu
Ari
Cerita ini hanya fiksi belaka, jika ada kesamaan cerita, tempat dan nama itu hanya kebetulan belaka.
Karya Ade Subasar
Pernah di Publish di Kompasiana.com/adesubasar  tgl 04/12/2010

0 Response to "Antara Cinta dan Persahabatan"

Post a Comment